sepak takraw


A.SEJARAH SEPAK TAKRAW
a.Sepak Raga
Pada awalnya sepaktakraw dikenal dengan nama sepakraga, permainan rakyat yang banyak diminati kaum lelaki di banyak tempat di nusantara antara lain: Sulawesi yang dikenal dengan sebutan "Ma'raga" atau "Ma'daga", sementara di tanah Sumatra dikenal dengan sebutan "Rago". Permainan sepakraga ini, banyak dimainkan oleh Putra bangsawan terutama di daerah Bugis, Makasar. Bagi seorang calon raja atau seorang putra mahkota permainan sepakraga merupakan syarat utama untuk dapat menduduki tahta, karena salah satu kriteria yang wajib terpenuhi oleh seorang pewaris tahta kerajaan adalah kecakapannya dalam bermain sepakraga. Selain harus pandai berkuda (Berburu) dan Ilmu bela diri (Silat), piawai memainkan bola rotan tersebut merupakan syarat mutlak dalam dunia pemerintahan raja-raja yang berada di wilayah Sulawesi. Seiring dengan berjalannya waktu sepakraga tidak hanya menjadi primadona olahraga dalam kehidupan para bangsawan, tetapi sudah bersifat populis sehingga sepakraga saat ini boleh dimainkan oleh semua lapisan masyarakat. Pada masa awal keberadaanya sepakraga sangat bervariasi dan belum mempunyai standar baku, permainannya sendiri lebih menonjolkan ciri khas daerah masing – masing
Sepak Takraw adalah jenis olahaga campuran dari sepak bola dan bola volley,dimainkan dilapangan ganda badminton,dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.Sepak takraw sendiri berasal dari dua kata yaitu kata sepak dari bahasa melayu dan kata takraw berasal dari bahasa Thailand yang artinya bola..
Pada tahun 1940-an permainan ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka lalu berkembang Pesat di Negara-negara tetangga,terutama di Thailand dan Malaysia.adpun nama permainan ini di setiap Negara berbeda,contohnya di Filipina disebut sipa,di Myanmar Chinlone,di Laos kator,di Amerika Vollley Acrobat dan Thailand Takraw.
Hingga tahun 1990-an ,bola takraw rotan adalah standar dalam pertandingan olahraga sepak takraw .Bola ini kemudian digantikan dengan bahan serat plastic,mika atau fiber ,yang lebih tahan putus.Sejak di pertandingkan secara resmi untuk kelas putra dan putri ,bola takraw juga di bagi berdasrkan jenis kelamin .Untuk kelas putra ,bola di desain lebih kecil dan lebih berat .Sedangkan untuk Putri ,bola lebih besar dan lebih ringan .Asumsinya sedikit bernuansa gender.Anatomi putra di anggap lebih kuat dan lebih jitu daripada putri.
Kejuaraan paling bergengsi pada cabang ini adalah King’s Cup World Championship yang di adakan dalam setahun sekali untuk merayakan hari ulang tahun raja Thailand.olahraga sepak takraw bisa dimainkan indoor dan outdoor maupun di pantai.sepak takraw pun di bagi dalam empat jenis kategori yaitu kategori beregu yang dimainkan oleh tiga orang dalam satu regu ,double event yang dimainkan oleh dua orang dalam satu regu,beach takraw atau takraw pantai yang dimainkan oleh empat orang dalam satu regu dan yang terakhir adalah hoop takraw yaitu jenis sepak takraw yang tidak mempertandingkan dua tim yang saling berhadapan ,akan tetapi tiap tim menghadapi satu jaring yang ditempatkan di atas,seperti analog ring bola basket .

0 komentar:

Posting Komentar